Monday, August 19, 2019

Kisah liburanku

Hai, namaku Ardystovino Firdaus dari kelas 8F. Kali ini saya akan mengisahkan tentang kisah liburan saya, Pada hari Kamis 2 bulan yang lalu pada saat liburan sekolah, aku dan keluarga pergi liburan ke Cirebon. Kami berangkat setelah sholat subuh dengan menempuh perjalanan kurang lebih 4 jam sampai ke Cirebon. Sepanjang perjalanan kami melalui jalan tol yang dibangun pada Era Masa Pemerintahan Jokowi yaitu ruas jalan tol Cikampek-Palimanan. yang saat ini ruas jalan tol tersebut sudah tersambung hingga ke Jawa Timur.
            Pada hari pertama, kami langsung menuju ke Kota Kuningan, dimana kami menginap di hotel yang berada di kaki Gunung Ciremai. Hotel tersebut memiliki fasilitas kolam renang air panas, sehingga aku menikmati fasilitas tersebut dengan berendam di air panas untuk menyegarkan badan, dan konon air panas tersebut dapat menyembuhkan penyakit kulit  dikarenakan air panas tersebut mengandung belerang yang baik bagi kesehatan kulit.
            Pada hari kedua , Kami jalan-jalan ke kota Cirebon mengunjungi Gua Sunyaragi dan Batik Trusmi, Gua Sunyaragi adalah tempat bertapa/bermediasi para Raja Cirebon pada zaman dahulu, dimana banyak sekali lubang-lubang gua tempat para raja berdiam diri. Sedangkan Batik Trusmi adalah tempat kerajinan batik asli Cirebon, dimana saya mempelajari corak batik Khas Cirebon.
            Selain berwisata, kami juga tidak lupa untuk menikmati kuliner khas kota Cirebon, yaitu nasi jamblang, dan sate maranggi. Nasi Jamblang adalah nasi yang dibungkus dengan daun jati dengan lauk model kampung. Seperti pepes ikan, ayam goreng dan ikan asin.
            Setelah Hari Ketiga kami bersiap pulang ke Jakarta. Ternyata Indonesia Indah dan Kaya akan keragaman tempat wisata dan juga keragaman, dimana setiap daerah yang aku kunjungi pasati memiliki kekhasan nya masing-masing.

Sebelum perjalanan pulang, kami mampir di masjid keraton raya cirebon yang terjenal akan ke-tradisionalnya. Ini fotonya:

Pada Saat perjalanan pulang, kami mengalami perjalanan yang sangat Panjang dan melelahkan, dengan waktu tempo perjalanan lebih dari 10 jam perjalanan,, hal ini disebabkan karena ada  pembangunan elevated toll, yaitu pembangunan tol layang dari Jakarta hingga cikampek.

Demikian  perjalanan liburan saya, semoga teman-teman juga memiliki pengalaman liburan yang menyenangkan. Terima kasih.